Yuk! Kita kenali apa itu Tread Wear Indicator

Diperbarui : 2 minggu yang lalu

By : Adrie Saputra

Yuk! Kita kenali apa itu Tread Wear Indicator

Kondisi ban sangat menentukan kenyamanan dan keamanan kamu dalam berkendara. Dimulai dari pemeriksaan tekanan dan ketebalan telapak ban.

Nah, jika kamu teliti pada ban biasanya terdapat banyak kode yang kadang kita tidak ketahui apa artinya. Salah satunya adalah Tread Wear Indicator (TWI) yang dapat membantu kamu dalam memeriksa ketebalan telapak ban.

Baca Juga : Jika anda Tahu ? Sederet Fitur Mewah yang Dimiliki Hyundai STARIA

TWI sendiri jika diartikan adalah indikator pemakaian telapak ban atau jika kita artikan berdasarkan istilah bisa kita artikan sebagai Tanda Keausan Telapak Ban.

Jadi TWI sendiri berwujud berupa tonjolan di antara blok telapak ban dengan tinggi 1,6 mm yang bisa menjadi tanda apakah sudah waktunya ban anda diganti dengan unit baru.

Mobil Seken Berkualitas : Toyota Rush 1.5 G M/T 2020 Merah

Tanda ini digunakan untuk menunjukkan batas pemakaian pada sebuah ban, dan mempunyai ciri fisik yang terletak diantara bunga atau alur ban atau tertera pada dinding ban berbentuk segitiga.

Tanda ini difungsikan sebagai penanda apakah ban yang kita pakai masih layak digunakan atau sudah tidak layak. Jika ketebalan bunga/alur ban sudah menyentuh atau sampai mengenai batas tersebut, itu berarti ban tersebut sudah mencapai batas aus dan harus segera diganti.

Ayo perhatikan lagi TWI di ban kamu. Apakah sudah sampai indikator tersebut atau masih aman digunakan.